Kamis, 15 Mei 2014

Siapa yang Harus Kita Tiru?

Telah ada suri tauladan yang baik dalam diri rasululloh SAW. Banyak manusia yang bingung dan jauh dari pegangan yang sudah jelas ada tuntunannya dalam alqur'an dan sunnah.



"Sesungguhnya telah ada dalam diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. (al-Ahzab [33]: 21)
 Diriwayatkan oleh Al- Imam Muslim di dalam Shahih beliau ( No. 746) dari jalan Hisyam bin "Amir bahwa dia berkata : " Wahai Ummul Mukminin! Beritahukan tentang akhlak Rasulullah SAW? " Dia ( Aisyah radhiallahu anhu) berkata " Bukankah kamu membaca Al-Qur'an? " Aku menjawan : "Iya"
Kemudian dia (Aisyah) berkata: " Akhlaknya adalah Alqur'an."
 
Sudah jelas sebagai seorang muslim ada suri tauladan yang dapat kita contoh, akhlak dan untaian tiap butir kata yang keluar bersumber dari qur'an langsung. lantas masih bingungkah kita mencari panutan hidup? masih bingungkah kita melangkah mengikutinya? masih ragukah kita belajar dari baginda nabi? Bukankah kita umat beliau?

Banyak hal yang dapat kita tiru dari baginda nabi. Alkisah ada seorang badui yang datang ke masjid tiba-tiba seorang badui itu membuang air kecil di dalam masjid. Saat itu sahabat yang melihat marah besar, tapi tahukah anda apa yang dilakukan oleh baginda Nabi?  Beliau melarang sahabat untuk memarahi dan melakukan tindak kekerasan terhadap orang badui tersebut. setelah hajatnya selesai Nabi memanggil orang badui tersebut, beliau mengatakan " Masjid adalah bangunan suci untuk orang muslim, dan didalamnya harus bersih dan terhindar dari najis, sedangkan membuang hajat itu adalah yang kotor, jadi tidak selayaknya dilakukan di dalam masjid." Lalu kemudian Nabi menyuruh salah seorang sahabat untuk mengambil air dan bembersihkan hadats orang badui tersebut."
 Subhanallah begitu indahnya akhlak Nabi, kejahatan yang dilakukan dibalas dengan kebaikan. tanpa amarah, emosi, dan nafsu. Sudah bisakah kita berlaku demikian? Mari kita banyak belajar dari baginda kita Muhammad SAW. 

Semoga sekilas kisah ini dapat menambah kecintaan kita kepada Rasululloh SAW. Amin.... :)
 

Siapa yang Harus Kita Tiru? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar