Kamis, 01 Mei 2014

Obat Penyakit Iri hati

Rasulullah saw. bersabda, “….Bahwa dalam diri setiap manusia terdapat segumpal daging, apabila ia baik maka baik pula seluruh amalnya, dan apabila ia itu rusak maka rusak pula seluruh perbuatannya. Gumpalan daging itu adalah hati.” (HR Imam Al-Bukhari)

Dengki atau yang lebih dikenal dengan penyakit iri hati bisa terjadi pada siapa saja. tidak mengenal kaya atau miskin, muda atau kaya, anak-anak atau dewasa. Bahkan orang yang beriman pun pernah mengalami penyakit ini. Hal ini terjadi sejak dulu dan akan terjadi sampai akhir zaman.



Iri hati adalah sifat tidak senang atas kesuksessan atau keberhasilan orang lain. Padahal Allah telah melarang hambaNya untuk bersikap iri hati terhadap saudaranya. Karena rezeki yang mereka dapat itu sesuai dengan usaha mereka dan juga sudah jadi ketentuan Allah.

“Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (Karena) bagi orang laki-laki ada bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.” [An Nisaa’ 32]

Dalam islam diperbolehkan bersikap iri hati, namun iri hati ini  hanya boleh dalam 2 hal. Yaitu dalam hal bersedekah dan ilmu. seperti hadist berikut:

" Tidak ada iri hati kecuali terhadap dua perkara, yakni seorang yang diberi Allah harta lalu dia belanjakan pada jalan yang benar, dan seorang diberi Allah ilmu dan kebijaksaan lalu dia melaksanakan dan mengajarkannya. (HR. Bukhari)".

Dengki lebih parah dari iri. Orang yang dengki ini merasa susah jika melihat orang lain senang. Dan merasa senang jika orang lain susah. Tak jarang dia berusaha mencelakakan orang yang dia dengki baik dengan lisan, tulisan, atau pun perbuatan. Oleh karena itu Allah menyuruh kita berlindung dari kejahatan orang yangmemiliki kedengkian.

Sebaiknya kita menjauh dari sifat ini, kenapa? Rosululloh sendiri mengatakan kalau sifat iri hati ini ibarat api yang melahap kayu bakar. Seberapapaun kebajikan yang kita tanam, semua akan sia-sia jika sifat ini masih ada. saudaraku mari kita belajar ikhlas, dan qonaah.

Semoga kita terhindar dari sifat iri hati yaa. Amin




Obat Penyakit Iri hati Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

8 komentar:

  1. Artikel yang sangat bermanfaat sehingga dapat menambah wawasan trimakasih ... di tunggu info selanjutnya

    BalasHapus
  2. Semangat awali hari-hari semoga berkah selamat beraktifitas, jang lupa sher

    BalasHapus
  3. Articles very constructive and add insight, thanks in wait for further

    info.

    BalasHapus
  4. Articles very constructive and add insight, thanks in wait for further info.

    BalasHapus
  5. I am very happy with the content of your article it is very beneficial and I wait for the next article to update the information again.

    BalasHapus
  6. I am very happy with the content of your article it is very beneficial and I wait for the next article to update the information again.

    BalasHapus
  7. very interesting article full of valuable information to add insight. Excitement continues to be successful, thank you very much for sharing continue blogging. Do not forget us !! piston article.

    BalasHapus
  8. Manfaat Buah Melon Sebagai Penghancur Batu Ginjal
    infonya bagus menambah wawasan http://gg./4dfun

    BalasHapus