Senin, 26 Mei 2014

Agama adalah Nasihat

Rasulullah SAW bersabda bahwa Agama adalah Nasihat, Kepada siapa? (Kami bertanya); Rasulullah kemudian menjawab Kepada Allah, KitabNya, RasulNya dan kepada pemimpin muslimin dan rakyatnya ( Riwayat Bukhari dan Muslim)






Apa maksud hadits diatas?
Nasihat kepada Allah, dalam hal ini seorang muslim wajib mengimani Rabbnya tanpa mencampuradukan dengan selainNya ( syirik) menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya, Taqwa yaitu takut dan tunduk hanya kepadaNya.

Nasihat kepada KitabNya, maksudnya mengimani kitabNya, mengimani semua firman-firmanNya. meyakini dan mentadaburi apa yang tercantum dalam kitabullah (alquranul karim). Allah yang Maha Tahu tentang hambanya. kebutuhan hambanya, Allah juga yang memberikan jalan bagi hambanya yang siap diatur menurut islam. Aturan itu didapat dalam alqur'an, semua petunjuk tentang kehidupan ada disana.

Nasihat kepada RasulNya, dengan meyakininya, membenarkan risalah yang dibawanya, mengikuti apa yang diperintahkannya, dan membelanya semasa hidup dan wafatnya, melakukan hal-hal yang baik sesuai dengan yang dilakukan baginda nabi sebagai suri tauladan, meneladani akhlaknya.

Nasihat kepada pemimpin maksudnya menolong mereka dalam kebenaran, menaati perintah mereka dan memperingatkan kesalahan mereka dengan lemah lembut, memberitahu mereka jika mereka lupa, memberitahu mereka apa yang menjadi hak kaum muslim, tidak melawan mereka dengan senjata, mempersatukan hati umat untuk taat kepada mereka (tidak untuk maksiat kepada Allah dan Rasul-Nya), dan makmum shalat dibelakang mereka, berjihad bersama mereka dan mendo’akan mereka agar mereka mendapatkan kebaikan.

Nasihat untuk rakyat ( kaum muslimin), menjaga silaturahim tidak saling menjelekaan antara saudara seiman, saling memberikan manfaat satu dengan yang lain. tolong menolong dalam kebaikan dan nasihat-menasihati dalam kesabaran. fastabikul khoiron berlomba-lomba dalam kebaikan.

Aminnn....







Agama adalah Nasihat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar