Senin, 16 Juni 2014

Keberkahan Syaban

SYABAN adalah salah satu bulan yang dicintai Rasulullah SAW. Bahkan Rasulullah sendiri menyatakan bahwa syaban adalah bulanKu. Beliau melakukan puasa hampir sebulan penuh di bulan ini. Syaban merupakan bulan penentu bagi datangnya bulan ramadhan. Syaban juga merupakan bulan pembelajaran bagi muslim menuju keberkahan ramadhan.


Bahkan rasulullah sendiri mengatakan bahwa bulan syaban sering dilupakan oleh orang kenaa? karena bulan syaban diapit oleh bulan yang mulia yaitu Rajab dan Ramadhan. padahal pada bulan itu diangkat amalan-amalan dan dilaporkan kepada Allah, karena itulah rasulullah memperbanyak amalan di bulan syaban terutama puasa, agar sewaktu amalan di bawa naik, aku ( rasulullah) sedang berpuasa. ( HR. Ahmad dan Nasai - Sunah Abu daud).

Salah satu keutamaan bulan syaban lainya sebagai berikut :
Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib KW bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Jika malam Nishfu Sya’ban tiba, maka salatlah di malam hari, dan berpuasalah di siang harinya, karena sesungguhnya pada malam itu, setelah matahari terbenam, Allah turun ke langit dunia dan berkata, ‘Adakah yang beristighfar kepada Ku, lalu Aku mengampuninya, Adakah yang memohon rezeki, lalu Aku memberinya rezeki , adakah yang tertimpa bala’, lalu Aku menyelamatkannya, adakah yang begini (2x), demikian seterusnya hingga terbitnya fajar.” (HR Ibnu Majah).
 Amin Allohumma amin.


Dari penggalan hadits tersebut, semoga kita sebagai umat Islam tidak melupakan begitu saja, bahwa bulan sya’ban dalah bulan yang mulia. Sesungguhnya bulan Sya’ban merupakan bulan persiapan untuk memasuki bulan suci Ramadhan. Dari sini, umat Islam dapat mempersiapkan diri sebaik-baiknya dengan mempertebal keimanan dan memanjatkan doa dengan penuh kekhusyukan.


Amin Allohumma amin.

Keberkahan Syaban Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar