Kamis, 09 Januari 2014

Apakah Batuk Bermanfaat?

Tiap orang pasti pernah merasakan batuk, penyakit yang satu ini sepintas remeh namun menjengkelkan. Tapi tahukan anda bahwa batuk yg menjengkelkan itu ada manfaatnya? Batuk memang panyakit yang sesuatu banget ya... membuat kesal dan tidak nyaman saat kita menjalankan aktifitas rutin kita, apalagi rutinitas tidur sedang nyaman-nyamanya tidur ditengah cuaca yg ikutan flu juga, pas banget buat istirahat, tiba-tiba si batuk datang, mengundang kesal dan jengkel diri sendiri dan orang sekitar.

Beberapa Manfaat Batuk

Batuk ada yang efektif dan yang tidak efektif, untuk batuk yang efektif bisa memperlancar saluran pernafasan, misal saat kita berkendara di jalan raya, menghirup debu, secara tiba2 kita terbatuk hal ini merangsang tubuh kita untuk memperlancar pernafasan dan membersihkan paru2 kita dari partikel asing, lendir, dahak atau benda asing lainnya. 

Batuk Berbahaya

Batuk dikatakan berbahaya apabila dalam jangka waktu lama dan sudah di obati namun tak kunjung sembuh. Bahkan batuk bisa memakan waktu sampai berbulan2. Hal ini yang perlu di waspadai. Batuk akut bisa jadi anda terkena TBC. lebih baik diperiksakan lebih lanjut kedokter.

Pengobatan dengan Herbal
  • Jahe
    Sebagaimana diketahui bahwa Jahe mengandung zat anti-bakteri yang baik. Jahe juga bisa menghangatkan tubuh dan mengobati batuk berdahak. Anda yang sedang mengalami batuk berdahak sangat dianjurkan untuk meminum sari Jahe hangat minimal sehari sekali. Cara pembuatannya pun sangat mudah yakni dengan mengiris Jahe dan Kencur, kemudian direbus dan diambil air perasannya. Air perasannya itulah yang diminum.
  • Jeruk nipis
    Sudah banyak orang yang merasakan bahwa Jeruk Nipis yang dicampurkan dengan kecap mujarab untuk mengobati batuk berdahak. Kalau Anda tidak suka kecap, bisa mencampurkan Jeruk Nipis dengan Madu. Minumlah air perasan Jeruk Nipis dengan kecap atau Madu sebanyak 2-3 kali dalam sehari.
  • Daun Sirih
    Daun Sirih juga bisa dijadikan obat untuk batuk berdahak. Caranya dengan merebus daun Sirih secukupnya dan campurkan juga potongan Jahe. Kemudian air rebusannya diminum sebanyak minimal sekali dalam sehari supaya tubuh tetap hangat dan sehat.


Apakah Batuk Bermanfaat? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

1 komentar: