Kamis, 15 Mei 2014

Keutamaan Bulan Rajab

ISLAM mengenal 4 (empat) bulan haram. Bulan haram adalah bualan yang dimuliakan dari bulan lainnya. Beberapa bulan itu antara lain : Bulan Djulqodah, Djulhidjah, Muharam, dan bulan Rajab. Mengapa bulan-bulan ini dimuliakan? Karena dalam bulan ini muslim dilarang berperang, membunuh, dan banyak melakukan kebaikan dalam beribadah.


Bulan haram dengan bulan haram, dan pada sesuatu yang patut dihormati, berlaku hukum qishaash. Oleh sebab itu barangsiapa yang menyerang kamu, maka seranglah dia, seimbang dengan serangannya terhadapmu. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah, bahwa Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” (QS : Al Baqarah : 194)

Namun dalam ayat tersebut disebutkan ada pengecualian untuk melakukan perang dalam bulan ini, yaitu berlaku hukum qisshosh, yang apabila kita diserang maka seranglah kembali dia. sesuai dengan qur'an di atas.

Bulan rajab adalah bulannya Allah,sedangkan syaban adalah bulaku ( muhammad SAW) dan ramadhan adlah bulannya umatku. Begitu indahnya islam.

Tidak terdapat amalan khusus terkait bulan Rajab. Baik bentuknya shalat, puasa, zakat, maupun umrah. Mayoritas ulama menjelaskan bahwa hadis yang menyebutkan amalan bulan rajab adalah hadis bathil dan tertolak. Akan tetapi, jika seseorang melaksanakan puasa di bulan Rajab dengan niat puasa sunnah di bulan-bulan haram maka ini dibolehkan, bahkan dianjurkan.

Rasulullah sendiri banyak melakukan puasa di bulan rajab, dan lebih banyak lagi beliau berpuasa di bulan syaban, dan bulan ramadhan beliau berpuasa penuh selama satu bulan.

Ayo semangat di bulan Rajab. :)



Keutamaan Bulan Rajab Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar