Minggu, 02 Maret 2014

Sedekah apakah Anda Hari ini?


Saudaraku.... Sedekah apa anda hari ini?
Sedekah selalu menggelitik di telinga kita. tiap detik, menit, jam dan hari selalu di jajarkan dengan sedekah. Pentingnya sedekah bagi diri kita adalah untuk memnsucikan harta dan jiwa kita,  mengurangi sifat dasar manusia sebagai mahluk yang kikir dan bakhil.

Rasululloh SAW mengatakan bahwa ''Belilah semua kesulitanmu dengan sedekah.'' Dalam hadis lain, Rasulullah SAW menjelaskan, ''Setiap awal pagi, semasa terbit matahari, ada dua malaikat menyeru kepada manusia di bumi. Yang satu menyeru, 'Ya Tuhanku, karuniakanlah?ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya kerena Allah'. Yang satu lagi menyeru, 'Musnahkanlah orang yang menahan hartanya'.''

Subhanalloh begitu hebatnya nilai sedekah di mata Allah SWT. sedekah seseorang tidak di lihat dari besar dan kecilnya nilai yang disedekahkan, tapi keikhlasan dari sedekah yang dilakukan. dengan bersedekah keberkahan mendekat. demikian sebaliknya enggan bersedekah keberkahan menjauh.

 Beberapa manfaat sedekah antara lain mengundang datangnya rezeki, sebagaimana dalam QS
Al-Anam ayat 66 bahwa  Barangsiapa datang dengan (membawa)satu kebaikan, maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat. Barangsiapa datang dengan (membawa) satu kejahatan, maka tiadalah ia dibalasi, melainkan dengan seumpamanya sedang mereka itu tiada teraniaya. (Q.S. Al-An’am : 160)

Bahkan sayidinna Ali pun pernah menganjurkan untuk memancng rejeki kita dengan bersedekah. sedekah adalah umpannya, dan rejeki adalah ikannya. selain itu sedekah juga untuk menolak bala. hal ini desebutkan dalam haditsnya ''Bersegeralah bersedekah, sebab yang namanya bala tidak pernah bisa mendahului sedekah.''

Bersedekah yuk?


Sedekah apakah Anda Hari ini? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar