Selasa, 07 Oktober 2014

Sudahkan Anda Berqurban Tahun ini?

Idul Qurban merupakan hari raya bagi umat Islam. Makna berqurban bagi umat islam sendiri sangat identik dengan kisah seorang nabi. Bapak para nabi, Ibrabim AS. Nabi Ibrahim adalah sosok nabi yang sangat taat dan patuh terhadap perintah ALlah. Bahkan ujian yang diberikan kepada beliau pun sangat berat namun tidak melunturkan keimanan dan ketaatannya pada Allah SWT.



Idul Qurban identik dengan sebuah kisah pengorbanan dari Nabi Ibrahim dalam menerima ujian dariNya dengan mengorbankan putra kesayangannya yaitu Islail untuk disembelih, namun keimanan dan ketaatan kepada Nabi Ibrahim dan putranya Ismail. Saat itu Allah menggantinya dengan seekor kambing atau domba.

Hari raya Idul adha biasa dikenal dengan hari raya qurban yang jatuh pada tanggal 10 dzulhijah, hal ini dilaksanakan setelah melakukan salah satu ibadah haji yaitu wukuf di Arafah. Perayaan idul adha ini memang tidak semeriah idul fitri, namun makna yang terkandung di dalamnya sangat besar. salah satunya sebagai wujud syukur dan ketaatan hamba pada sang khalik yaitu Allah SWT.

Hewan yang diqurbankan kelak diakhirat akan menjadi penolong bagi tiap hamba yang berqurban. Tiap tetesan darah, bulu, daging, dan bagian tubuh lainnya dari hewan yang diqurbankan akan menjadi penolong dan pemberat amalan bagi orang yang berqurban. Berqurban adalah wujud cinta dari seorang hamba kepada yang di cintainya yaitu Allah aza wajalla, untuk mendapat keridhaan dariNya.

"Supaya mereka menyebut nama Allah atas apa yang telah Allah rizkikan kepada mereka berupa binatang ternak." (QS; Al Hajj:34)

"Daging-daging qurban dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai ( keridhaan) Allah, tetapi ketaqwaanmulah yang dapat mencapainya..." (Al Hajj :37)

Sesungguhnya ia (hewan qurban) akan datang pada hari kiamatdengan tanduk, kuku dan bulunya. Dan sesungguhnya darah hewan qurban akan jatuh pada sebuah temoat di dekat Allahsebelum darah mengalir menyentuh tanah. Maka berbahagialan jiwa dengannya." (HR TarmidziIbnu Majah dan Alhakim).

Indahnya berqurban,
Indahnya Hari Arafah,
Indahnya Islam,
Indahnya Ikhas,
Indahnya Pengorbanan,

Allahu Akbar.... Allahu Akbar.... Allahu Akbar....
Laillahailallahu Allahu Akbar
Allahu AKbar Walillahilhamd

Semoga qurban kita tahun ini mendapat keridhaannya dan menambah kecintaan kita padaNya. Amin


Sudahkan Anda Berqurban Tahun ini? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar