Rabu, 15 Oktober 2014

Jangan Sombong Yaaa....

Sombong merupakan salah satu sifat dasar manusia. Sifat ini sudah melekat pada setiap manusia. Sombong adalah sifat seorang manusia yang berbangga diri atas apa yang dimilikinya. Baik itu berupa harta, pangkat, kedudukan, kecantikan, ketampanan, dan banyak lagi. Setiap insan atau mahluk ciptanNya memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri, semua sudah di tentukan dalam settingannya dan tertuang dalam alqur'an dan SunnahNya.


Sifat sombong dapat hilang dan berpindah menjadi sifat rendah hati dan malu. Dengan kedekatan, keimanan, dan kecintaan kita kepada Allah SWT, lambat laun sifat ini akan mengikis secara perlahan satu demi satu. Sombong secara hakekat terbagai menjadi dua, yaitu: sombong secara vertikal dan sombong secara horisontal. Sombong secara vertikal hubungannya adalah dengan Allah SWT. Manusia sebagai mahluk ciptaanNya yang tidak taat terhadap perintahNya sudah dapat di kategorikan sebagai manusia sombong. Misal Enggan menjalankan ibadah sholat. Orang yang tidak menjalankan ibadah sholat sudah bisa dikatakan sombong, Kenapa? Sholat merupakan salah satu bentuk rendahnya seorang manusia dihadapan Allah SWT, posisi sujud menggambarkan bahwa derajat  manusia itu sangat rendah setara dengan tanah. bukankah posisi tanah selalu dibawah?

Sombong secara horisontal. Manusia yang di kategorikan sombong secara horisontal apabila menganggap dirinya lebih baik dan mulia dibandingkan dengan manusia lainnya, misal lebih pintar, lebih cantik, lebih kaya, dan sebagainya. Timbulnya rasa sombong ini jika tidak diikuti dengan bersyukur dan memanfaatkan anugerah yang telah diberikan olehNya kepada manusia itu sendiri maka musnahlan manusia itu. Kesombongan akan membawanya ke neraka. Nauudzubillah.

Jauhilah sifat sombong karena sesungguhnya sombong adalah sifat mutlak miliknya Allah SWT seperti dalam firmanNya "
  • Q.S Al-Isra’:  37
وَلا تَمْشِ فِي الأرْضِ مَرَحًا إِنَّكَ لَنْ تَخْرِقَ الأرْضَ وَلَنْ تَبْلُغَ الْجِبَالَ طُولا (٣٧)

" dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena Sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung."

Tahukah anda kesombongan pertama dilakukan oleh siapa? "IBLIS"
yang pertama bersifat sombong terhadap Allah adalah iblis saat iblis disuruh tunduk dan sujud kepada nabi adam as, iblis enggan melakukannya karena merasa derajatnya lebih tinggi dari nabi adam sebagai manusia. Iblis terbuat dari api sedangkan manusia hanya dari tanah. Jadi kalau disimpulkan manusia yang sombong angkuh itu adalah temannya iblis atau sama dengan iblis yang tempat terakhirnya adalah neraka. Naudzubillah....
Semoga kita terhindar dari sifat sombong angkuh dan tamak ya....

Jangan Sombong Yaaa.... Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar